Home / News / Beberapa Pohon Hancurkan Rumah Warga Akibat Di Terjang Hujan Angin

Beberapa Pohon Hancurkan Rumah Warga Akibat Di Terjang Hujan Angin

Beberapa Pohon Hancurkan Rumah Warga Akibat Di Terjang Hujan Angin – Lokasi Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, diterjang angin ribut yang diiringi hujan, Kamis (30/11/2017) . Akibatnya, beberapa pohon jatuh serta tempat tinggal warga di lebih dari satu desa rusak.

Tempat tinggal warga rusak di Kampung Balong RT 02/10, Desa Gandamekar, Kecamatan Kadungora. Satu pohon beringin menerpa atap bangunan SDN 2 Gandamekar karena angin yang cukup kencang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kerugian materiil belum juga di ketahui.

Angin ribut juga mengakibatkan kerusakan tempat tinggal warga serta merobohkan pohon di Kampung Cigunung Agung RT 2/6, Blok Panotogan, Desa/Kecamatan Kadungora. Akibatnya, satu pohon rubuh serta melintang di bahu jalan Kiaradodot-Cikembulan. ” Pohon yang melintang di jalan itu pernah menyebabkan kemacetan serta pengalihan arus jalan raya menuju Cikembulan, ” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus.

Tidak cuma di dua desa, tutur Yusri, angin ribut diiringi hujan deras juga menerjang Kampung Cibulu RT 02/09, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora. Di kampung itu, angin kencang menyebabkan atap lima tempat tinggal warga beterbangan serta hancur.

” Tempat tinggal yang rusak tertimpa pohon rubuh salah satunya punya Candra, Waluyo, Ayat, Hilman, serta Suryati. Mujur bencana itu tidak menelan korban jiwa serta luka. Warga cuma alami kerugian materi, ” tangkisnya.

Menurut Yusri, bencana alam angin ribut yang menempa Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut itu dipicu oleh Siklon Tropis Cempaka di lokasi perairan selatan Jawa Tengah. Badai siklon ini membawa dampak perubahan alur cuaca di seputar tracknya. ” Akibat yang diakibatkan oleh Siklon Tropis Cempaka berbentuk hujan lebat yang diiringi angin kencang sampai 30 knot di berapa daerah di Indonesia termasuk juga Jawa Barat, ” terang Yusri.

Disamping itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyebutkan, Polda Jabar menyiagakan semua personel deretan untuk menunjang Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) manfaat hadapi serta menangani bencana.

” Dalam bencana, leading sector-nya BPBD. Polri serta TNI cuma menunjang. Biasanya, yang paling pertama ada di tempat waktu bencana itu TNI/Polri. Kami memberi perlindungan awal, seterusnya dikerjakan BPBD. Yang pastinya, dalam cuaca seperti sekarang ini, kami siagakan personel, ” kata Agung di Mapolda Jabar.
(zik)

About admin