Home / Berita Umum / Kepolisian Inggris Menyelidiki Dua Insiden Terpisah

Kepolisian Inggris Menyelidiki Dua Insiden Terpisah

Kepolisian Inggris Menyelidiki Dua Insiden Terpisah – Dua warga Inggris yang gawat selesai terkena zat misterius, dinyatakan terserang gas saraf yang sama seperti yang meracuni bekas mata-mata Rusia, Sergei Skripal serta putrinya Maret saat kemarin. Kepolisian Inggris masihlah menyelidiki dugaan sangkutan dua insiden terpisah itu.

Dua orang yang oleh media lokal Inggris diidentifikasi bernama Charlie Rowley (45) serta Dawn Sturgess (44) ini dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu (30/5) lalu, sehabis diketemukan jatuh sakit di Amesbury, yang berjarak cuma berapa km. dari Salisbury, tempat Skripal serta putrinya diracun.

Seperti diberitakan Reuters serta CNN, Kamis (5/7/2018), dua orang yang disebut warga lokal Inggris ini dilaporkan masihlah gawat di Rumah Sakit Distrik Salisbury, yang juga jadi tempat Skripal serta putrinya dirawat.

Kedua-duanya pernah disangka memakai kokain atau heroin yang terkontaminasi. Tetapi hasil berlainan diketemukan sehabis pengujian selanjutnya.

” Saya sudah terima hasil tes dari Porton Down (pusat riset militer) yang membuktikan kalau dua orang ini sudah terkena gas saraf Novichok, ” papar Asisten Komisioner Pemberantasan Terorisme pada Kepolisian Metropolitan London, Neil Basu.

Insiden itu tengah diselidiki keseluruhan oleh Unit Pemberantasan Terorisme Inggris. Basu menjelaskan, belumlah didapati lewat cara jelas bagaimanakah dua orang ini dapat terkena Novichok serta apakah mereka jadi obyek lewat cara detil.

” Saya tdk punyai info intelijen atau bukti kalau mereka ditargetkan lewat cara spesial, ” ucap Basu. ” Tidaklah ada apa pun dari latar belakang mereka yang membuktikan demikian, ” timpalnya.

” Kami tdk dalam urutan buat menuturkan apakah gas saraf itu datang dari grup yang sama yang terkena pada Skripal. Dugaan kalau dua penyelidikan itu kemungkinan mengenai jelas jadi subyek penyelidikan untuk kami, ” sebutnya.

Dalam masalah Skripal, pemerintah Inggris menuding Rusia meracuni bekas mata-mata ini. Novichok yang buat Skripal serta putrinya pernah tidak sadarkan diri, didapati merupakan gas saraf yang di kembangkan oleh militer Uni Soviet semasa Perang Dingin. Rusia sudah menyanggah keterlibatannya.

About admin