Home / Berita Umum / Kita Perlu BICARA Dalam Susun Kebijakan Publik Menurut Sandiaga

Kita Perlu BICARA Dalam Susun Kebijakan Publik Menurut Sandiaga

Kita Perlu BICARA Dalam Susun Kebijakan Publik Menurut Sandiaga – Sandiaga Uno mengutarakan langkah sendiri dalam membuat peraturan publik. Menurut dia, dalam membuat peraturan publik diperlukan ” BICARA ” .

” Konsentrasi saya dari dahulu memang berikan input untuk peraturan publik ekonomi. Saya punyai guideline-nya itu B-I-C-A-R-A, ” jelasnya waktu menuturkan idenya pada acara Paramadina Public Policy Talk Series, di Rasuna Epicentrum, Kamis siang (22/11/2018) .

” Dimulai dari B, beneficial yg pastinya peraturan mesti berfungsi. I, impactful ada efeknya langsung ke warga. C, clear, kebijaksanaannya jelas, ” ujarnya.
Terkecuali itu ada A yang disebut singkatan dari applicable, yg tujuannya yaitu dapat dipraktekkan. Lantas R yang disebut singkatan dari reasonable atau dapat di terima serta objektif.

” Paling akhir itu A, acceptable dengan cara politikal dapat di terima. Jadi kita mesti ” B I C A R A ” dulu sebelum membuat peraturan publik, ” jelasnya.

Menurut Sandi jika udah mengimplementasikan semua point dari ” B I C A R A ” , satu peraturan publik bisa menjadi pas manfaat serta di terima di warga.

” Bila tdk ” B I C A R A ” kebijaksanaannya dapat tidak berhasil, serta condong dapat berbeda-beda. Banyak peristiwanya dari pemerintahan dulu kala sampai saat ini kritik-kritik di Indonesia sebab peraturan yg berbeda-beda, ” tangkisnya.

About admin