Home / Berita Umum / Korban Terindikasi Rabies Kian Meningkat, Pemkab Sumbawa Tetapkan Status KLB

Korban Terindikasi Rabies Kian Meningkat, Pemkab Sumbawa Tetapkan Status KLB

Korban Terindikasi Rabies Kian Meningkat, Pemkab Sumbawa Tetapkan Status KLB  – Merebaknya masalah rabies atau penyakit anjing hilang ingatan yang menempa masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sumbawa mengambil keputusan peristiwa mengagumkan (KLB). Penentuan itu dikerjakan untuk optimalisasi perlakuan korban rabies.

“Status KLB siap diputuskan dengan ketetapan bupati. Awal mulanya telah diserahkan serta koreksi SK sampai diputuskan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Didi Darsani, Jumat (15/2/2019).

Hasil analisis yang dikerjakan Pemkab Sumbawa mengatakan penentuan status KLB itu akan diumumkan pada Sabtu (16/2) besok. Didi menjelaskan, sampai ini hari, jumlahnya korban yang dikatakan terindikasi rabies semakin bertambah.

“Dari 17 gigitan, telah 4 orang yang diyakinkan digigit anjing yang rabies, bekasnya suspect,” tuturnya.

Langkah perlakuan untuk memutuskan mata rantai virus rabies yang akan dikerjakan Pemkab Sumbawa ialah vaksinasi antirabies buat hewan peliharaan yang ada pemiliknya serta eliminasi anjing liar.

Perlakuan pasien yang terjangkit rabies akan dimaksimalkan tidak hanya membuat usaha publikasi ke penduduk untuk waspada intimidasi bahaya rabies.

“Minta kesediaan masyarakat untuk vaksinkan hewan peliharaannya tidak bisa disembunyikan, tidak bisa membawa anjing serta kucing keluar-masuk wilayahnya. Jika ada yang digigit, selekasnya bawa serta ke puskesmas,” kata Didi.

About admin