Home / Berita Umum / LPSK Akan Bantu BNN

LPSK Akan Bantu BNN

LPSK Akan Bantu BNN – Masalah kartel narkoba membakar satu keluarga di Makassar, Sulawesi Selatan jadi salah satunya peliknya masalah narkotika di tanah air. Instansi Perlindungan Saksi serta Korban (LPSK) mengakui mempunyai masalah untuk terhubung saksi serta korban narkotika.

“Masalah kartel narkoba, LPSK itu salah satunya fokusnya ialah korban serta saksi kejahatan narkotika karenanya extra ordinary crime, yang memang terutamanya untuk saksi korban terpenting untuk dilindungi termasuk juga justice collaborator. Tapi ada banyak masalah jarang sekali korban atau saksi yang meminta perlindungan ke kita,” kata Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai di Kuta, Bali, Rabu (12/9/2018).

Haris menyebutkan LPSK miliki kerja sama juga dengan Tubuh Narkotika Nasional (BNN). Tetapi LPSK meras tidak sempat direferensikan untuk memberi perlindungan pada korban ataupun saksi masalah narkotika.

“Walau kita miliki MoU dengan BNN tetapi mereka belum pernah mereferensikan saksi korban agar bisa dilindungi oleh LPSK walau sebenarnya jika kita pengalaman dengan Mabes Polri banyak masalah mereferensikan LPSK. Karena kita tidak direferensikan, susah buat kita untuk mengontak dari beberapa orang itu,” terangnya.

Menurut dia, LPSK semenjak tahun 2017 membuat team yang berjalan ke lapangan menghimpun data. LPSK sekarang lebih pro aktif serta tidak cuma menanti.

“Tetapi dari beberapa masalah dari media kami berikan LPSK butuh membuat satu pekerjaan yang jemput bola menjadi kita tidak mesti menanti. Kita telah ada team ke lapangan tetapi kita belumlah bisa laporan lagi (masalah satu keluarga dibakar) karena belumlah masuk paripurna kasusnya,” katanya.

“Karena kita dapat tawarkan tetapi tidak dapat memaksa (memberi perlindungan) karena sifatnya voluntir. Yang dapat kita kerjakan ialah sifatnya memberi pandangan pentingnya perlindungan saksi barusan,” tutur Haris.

About admin