Home / Berita Umum / Pembobol ATM di Mojokerto Berhasil Bawa Kabur Uang Rp 673,7 Juta

Pembobol ATM di Mojokerto Berhasil Bawa Kabur Uang Rp 673,7 Juta

Pembobol ATM di Mojokerto Berhasil Bawa Kabur Uang Rp 673,7 Juta – Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam minimarket Jalan Raya Trowulan, Desa Watesumpak, Trowulan, Mojokerto dibobol kawanan pencuri. Beberapa pemeran sukses membawa kabur uang tunai Rp 673,7 juta sehabis buka paksa kotak uang di mesin ATM gunakan alat las.

Kapolsek Trowulan Kompol Suhartono mengemukakan, bobolnya mesin ATM punya Bank BCA itu baru didapati karyawan minimarket pagi barusan waktu 08.00 WIB. Waktu buka minimarket, karyawan itu menyaksikan mesin ATM dalam situasi rusak.

Uang di dalamnya telah raib. Karyawan minimarket juga memberikan laporan pencurian ini ke Polsek Trowulan. Memperoleh laporan itu, petugas ada ke area buat kerjakan olah TKP.

“Menurut rekaman CCTV dalam minimarket, pemeran sejumlah dua orang. Masuk pagi hari barusan waktu 00.28 WIB, minimarket telah tutup,” kata Suhartono terhadap wartawan di area, Sabtu (20/10/2018).

Ia menuturkan, beberapa pemeran masuk ke minimarket melalui langkah menjebol atap serta plafon. Titik atap yang dijebol cuma berjarak kurang lebih 1 mtr. dari mesin ATM. Mesin tarik uang tunai punya Bank BCA itu terdapat di pojok kanan depan minimarket itu.

Lubang yang dibikin pemeran pada plafon atau atap minimarket kurang lebih 1 mtr. persegi. Pas dibawah lubang itu ada almari pendingin buat display minuman. Almari ini dikira berubah menjadi pijakan pemeran buat turun dari plafon.

Eks Kapolsek Jatirejo ini memaparkan, kawanan pembobol mesin ATM ini termasuk profesional. Di rekaman CCTV minimarket tampak salah seseorang pemeran membawa tas ransel yang dikira berisi alat las.

Sebelum mebongkar kotak uang di mesin ATM, mereka terlebih dahulu tutup camera pengawas dengan cat semprot supaya perbuatan mereka gak terekam.

“Ada delapan CCTV dalam minimarket, enam antara lain dikaburkan dengan cat semprot. Yang tidak cuma CCTV pada sisi gudang serta di muka yang tidak merekam menuju mesin ATM. Hingga yang terekam cuma waktu mereka masuk ke minimarket,” bebernya.

Ke dua pemeran, lanjut Suhartono, gunakan jaket hitam serta menggunakan cadar. Mereka buka paksa 4 kotak uang dalam mesin ATM gunakan alat las.

Tiap-tiap kotak uang di mesin ATM, menurut Suhartono, sanggup menyimpan uang tunai Rp 230 juta. Mesin ATM punya Bank BCA itu baru di isi penuh pada Jumat (19/10) sore dengan uang pecahan Rp 100 ribu serta Rp 50 ribu beberapa Rp 920 juta.

“Menurut hasil hitungan pihak bank, uang yang diambil pemeran Rp 673,7 juta,” ujarnya.

About admin