Home / Berita Umum / Tak Ada Kaitannya Aphelion Dengan Embun Es Di Puncak Tegas BMKG

Tak Ada Kaitannya Aphelion Dengan Embun Es Di Puncak Tegas BMKG

Tak Ada Kaitannya Aphelion Dengan Embun Es Di Puncak Tegas BMKG – Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) berikan keterangan berkaitan kenyataan embun es puncak musim kemarau, diantaranya di Pegunungan Dieng, beberapa waktu terakhir ini. BMKG meyakinkan hal semacam tersebut gak berkaitan dengan peristiwa Aphelion.

” Aphelion gak berkenaan dengan peristiwa suhu dingin permukaan bumi yg tengah fenomenal di lebih dari satu tempat di Pulau Jawa, ” kata Kepala Subbidang Produksi Info Iklim serta Kwalitas Hawa BMKG Siswanto, dalam keterangannya, Sabtu (7/7/2018).

Siswanto menuturkan suhu dingin di Dieng dikarenakan keadaan meteorologis. Diluar itu, pada puncak musim kemarau, kebanyakan suhu lebih dingin.

Suhu dingin pada musim kemarau itu dikarenakan permukaan bumi yg lebih kering. Keadaan air di tanah juga jadi tambah tidak tebal serta uap air sedikit sekali.

Keadaan itu akan mengakibatkan air embun yg melekat di rumput bakal membeku. Kenyataan itu sempat berjalan di beberapa daerah di Indonesia, yakni daerah dataran tinggi Dieng, Gunung Semeru, serta pegunungan Jayawijaya, Papua.

” Waktu malam hari, uap air di hawa bakal alami kondensasi serta lantas mengembun untuk melekat jatuh di tanah, dedaunan, atau rumput. Air embun yg melekat di pucuk daun atau rumput bakal selekasnya membeku yg dikarenakan suhu hawa yg benar-benar dingin, dikala meraih minus atau 0 derajat, ” tuturnya.

BMKG memprediksi puncak musim kemarau th. ini bakal berjalan pada Juli. Cuaca sesuai sama ini di perkirakan bakal berjalan hingga awal Oktober.

About admin