Home / News / Warga DIY Heran,Usai Banjir Terdapat Danau Dadakan

Warga DIY Heran,Usai Banjir Terdapat Danau Dadakan

Warga DIY Heran,Usai Banjir Terdapat Danau Dadakan – Sebuah keajaiban keluar di Gunungkidul. ‎ Di dalam terjangan Banjir yang mulai surut, mendadak keluar danau dadakan. Anehnya danau dadakan itu airnya berwarna jernih kehijauan. Tidak layaknya seperti air saat banjir yang keruh serta berwarna kecoklatan.

Ketinggian air yang selalu menenggelamkan tempat pertanian serta rimba di Dusun Wediwutah‎, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu ini lebih dari 10 mtr.. Bahkan juga tiang listrik yang melalui arel itu tidak tampak sekali lagi. Demikian juga degan beberapa ribu pohon jati di lokasi itu tidak akan tampak. Semua jadi genangan air luas yang berwarna hijau.

Kepala Dukuh Wediwutah, Diarto, menyebutkan, genangan air seperti danau dadakan itu menutupi sekitaran 30 hektare tempat. Pihaknya mempredikis air itu datang dari mata air Wireneng yang umumnya difungsikan oleh warga untuk membersihkan serta mandi.

” Dulu mata air sempat meluap hingga 8 mtr., tetapi saat ini kok hingga 20 mtr. serta luasannya mencapi 30 hektare. Ini mengagumkan, ” katanya pada wartawan (30/11/2017) .

Dijelaskannya. Tempat yang terendam air jernih itu terlebih dulu adalah tempat pertanian, serta jalan penyambung ke desa samping. Beruntung di daerah itu tak ada pemukiman masyarakat. ” Cuma ada peternakan ayam, yang lain tempat pertanian tadah hujan‎, ” jelasnya.

Menurutnya, genangan air itu mulai tampak dua hari waktu lalu waktu banjir mulai berlangsung. Tetapi dalam dua hari airnya tidak menyurut serta selalu meninggi. Pihaknya juga mulai cemas dengan ketinggian air yang selalu naik.

” Ini belum juga sempat berlangsung. Mudah-mudahan tidak melebar serta meninggi, dikarenakan dapat meneror permukiman warga, ” ucap Diarto.

Dari narasi yang mengedar, di areal itu mengalir tujuh jalur sungai bawah tanah. Semua melalui mata air wireneng. Hujan yang cukup deras di perkirakan jadikan air naik ke atas. ‎

About admin